Kamis, 30 Oktober 2008

Manaqib Kubro

Waktu itu hari sabtu 25 oktober 2008, sebenernya nggak ada rencana mau pulang ke rumah tuh. Tapi temen-temen di rumah nyuruh aku pulang. Padahal bunda abah nggak nyuruh pulang. Yaaaah emang pulang harus di suruh-suruh apah. You know, wherever I stay, my hometown is just ‘mBatur’!

Ada yuyun, temen suka duka waktu masih ingusan, sms mekso aku pulang kampong. Kan ada manaqib kubro katanya.

Sebenernya tuh, aku nggak tau apasih manaqib ntu. Yang aku tau cuman itu acaranya ponpes Roudlotus Sholihin. Bisa juga dikatakan event yang gedhe, soalnya, katanya ada petinggi-petinggi provinsi dateng, ada pakdhe gubernur, paklik bupati, pak kyai se-Jateng, trus sapo lagi ya… oh ya hamper lupa, pak wapres JeKa juga nongol di acara itu. Ka ta nya seh…
Soalnya waktu aku tiba di kampong itu udah hamper maghrib. Jadinya nggak sempet liat tuh orang2 ‘penggedhe’ ngasih sambutan.

Sampe rumah ada pakdhe, sama budhe-budhe yang datang dari jauh-jauh ngobrol di ruang tamu ama bunda abah.
Pikirku, wah mungkin emang ntar acaranya bagus banget. Jadi penasaran, apasih manaqib itu.

Jam 8 malem aku cabut dari rumah mo ke masjid besar. Tapi ya nggak langsung kesanalah.
Orang di jalan sepanjang rumah mpe masjid itu orangnya banyak banget, rame, banyak laki-lakinya.
Yo aku malulah jalan sendiri. Soalnya ibu udah brangkat sama budhe-budhe.
Akhirnya dengan memberanikan diri, aku kluar rumah tuh, lewat mana coba bayangin, jalan-jalan sempit berlorong tepi rumah alias ’njepitan2’ yang notabene tentu aja begitu gelap gulita.

Recanaku kan berangkat sama yuyun dan kakaknya dari rumahnya. Sedang rumahnya ntu cukup jauh juga. Lorong-lorong itu aku lewati tanpa melihat jalan, lha gimana, orang nggak ada cahaya seberkas pun. Kira-kira 200 meterlah rumah si yuyun. Sempet takut juga lho, sepi soalnya, aku Cuma bermodalkan hafal aja tuh lorong. Soalnya dulu pas kecil sering maen2 ma anak2 tetangga lari-lari lewat lorong itu. Ngimpi apa aku sampai lewat situh. Malem-malem lagi.

Akhirnya sampe juga di rumah yuyun, pas berangkat wuih rame banget di jalan. Sampe tempatnya wi yo desel-deselan gto deh.
Akhirnya bcuz of the place was almost full so we got the ‘unchair place’. Tepi pagar luar masjid dan tentu aja nggak keliatan stage-nya. Nggak apa yang penting nyaman bukan.

Di sana ada pertunjukan-pertunjukan islami gheto kaya jamaro yang nada sholawatannya sangat aku suka, trus dzikir yang dipimpin pak Kyai terkenal. Sebenarnya ada salah seorang kyai yang ditunggu-tunggu kedatangannya, katane amik sih.
Asma-nya pak Habib Lutfi, ntah beliau siapa dan dari mana aku juga nggak tau. Tapi beliau kata amik adalah seorang Ulama besar, gurunya para kyai nahdliyyin yang hadir disitulah pkoknya. (Ah masak sih Am??), tapi beliaunya nggak dateng ntah kenapa. Padahal yang nungguin, Amik tuh, mpe ngrelain nggak ikut ke masjid. Yahhhh… sayang banget ya Am, kamu nggak ikut acara di masjid besar. Padahal katanya kamu pengen banget. Laen kalilah nggak papa. Mungkin mang lum saatnya mBatur dikunjungi sang Ulama besar ya.

Lanjut deh ceritaku di manaqib itu, ternyata adanya ya pengajian ma dzikir. Suara-suara bapaknya yang meng-amini do’a2 pak kyai ntu toh bikin aku pusing. Seharuse kan acara segedhe itu ada latihane disik, kan jadi lebih oke tuh acaranya. Tapi sayang sekali, aku nggak menikmati malah mengeluh pusing di telinga. Aku lebih nge-fans ma acara pas isro’ mi’roj/mauled nabi dulu. Dulu itu yang ngasih kajian adalah seorang muallaf, cewek lagi, keren nggak tuh. Acaranya sueru, kajiane masuk dan mbangkitin smangat ruhaniku. Tapi yang kemaren nggak sama sekali wi, Cuma dapet ramene doank.

Blum sampe acara selesae aku pulang deh sama yuyun, dia ngantuk, sebenarnya aku nggak. Tapi aku ikut pulang. Pulangnya wei nggak lagi lewat lorong2 gelap, kaya pencuri aja. Soalnya yuyun, temenku dari gontor putri, adalah pemudi pemberani, mau nganter sayo sampe deket rumah. Padahal jalan situ masi penuh laki-laki, aku sing isin. Aku heran, orang acaranya di masjid besar og di jalan2 yang jauh masih aja rame. Nah sampe rumah tuh, jam 11 pm lebih dikit, ketemu tuh sama mas-mas yang sebenernya dekat tapi baru ja kenal. Namanya mas Ridho, mas sepupune amik. Assalamu’alaikum mas…? Hehe_

Ampe mau terlelap, aku masih juga nggak tau manaqib itu apa…

3 komentar:

Amik CoKlat mengatakan...

Niha Niha....
kemaren ikutan Manaqib Kubro, ikutan rame2ne, ikutan desel2an, ikuta bingung krn jln gelap, eh ternyata gak tau, apa sih sebenarnya manaqib kubro tuh? Hadduuuuhhhh mbak... cuapek puol dee... :P

tak terangin sedikit yo
tapi sitik ae. Cz aku yo gak pati ngerti tetek bengeke'...

Manaqib adl istilah utk kegiatan pembacaan sejarah para auliya', sufi, imam, atau orang2 penting dalam Islam selain nabi Muhammad. Untuk nabi Muhammad namanya kan Maulid. Biasanya manaqib ini dibaca di waktu2 tertentu. seperti contoh di Pondok Batur, manaqib biasa dilaksanakan selapanan sekali (kalo gak salah). Biasanya yang di baca adl Manaqib Syekh Abdul Qadir Jaelani. emang sih budaya manaqiban ini udah mulai pudar di masyarakat. jadi maklum kalo kita gak tahu.

Lha acara kemarin merupakan agenda rutin Thoriqoh di Jateng. Mangkanya banyak kiai2 dari seluruh kabupaten yg datang, krn mmng dah di utus dari Wakil Cabang Kebupaten. Karena besarnya acara tersebut, maka besar pula animo masyarakat Batur, Tegalrejo, Tegalsari, Kurung, Jeblogan, Bakalan, Ceper, & Klaten.
jadi maklum ae kalo kamu disuruh pulang. Kan baru pertama ini Batur jadi tuan rumah acara segede ini, bahkan mungkin kemarin yg terakhir...

Untuk acara2 kemarin rinciannya aku kurang tahu. jadi gak perlu kujelasin di sini yo.

Thoriqoh atau Tarekat adl tahapan seorang hamba setelah melalui Ilmu Syariat & Ilmu Hakikat. Kita yg masih awam berada di lingkaran Syariat, yang mana masih membutuhkan rasio untuk beribadah kepada yg maha kuasa. Jadi biasanya masih ada seretnya kalo beribadah. Kalo Hakikat & Tarekat gimana? ya setingkat lebih tinggi dari Syariat. mangkanya Orang2 yg udah sampe ilmu Hakikat & Tarekat biasanya dah sepuh2, pengalaman, wawasan, serta ilmu tentang agama dah luas & mendalam. Fungsi Hakikat & Tarekat di antaranya untuk mengukur nilai pengabdian orang tersebut kepada Allah. apakah dia sepenuh hati dalam menyembahNya.

Perlu diketahui acara semacam maulid, manaqib, dll adl tradisi Nahdliyin, yang keabsahannya sudah diuji oleh para ulama salafus salihin. ingin lebih jelas baca aja buku "Membongkar Kebohongan Buku 'Kiai NU Menggugat Tahlil'" karya PCNU Jember. di sana penjabarannya lebih mantep & bikin kita bangga sebagai warga Nahdliyin. Di rumah ada bukunya. kapan kalo mau pinjam boleh kok. kalo mau sih.

O ya ada satu lagi tnda tnya d kepalamu, Habib Lutfi. Beliau adalh seorang mursyid, sebutan guru untuk para pengikut Thoriqoh, yg sudah diakui keluasan ilmu, wawasan, serta ketuhanannya. mangkanya kemarin aku bilang yg paling diharapkan Bapak adalah kehadiran Habib Lutfi. Alamatnya di Pekalongan. Tanya aja orang yg dah ngeh tentang thoriqoh pasti tahu Habib Lutfi....

Gitu Ha... penjelasan puanjangku. Kurang lebihnya mohon maaf yo. kalo ada yg belum jelas tanyain aja gak pa2 kok.

OK...;)

Anonim mengatakan...

Manakib itu membaca sejarah hidup tokoh Islam yang kita jadikan panutan, jika di kalangang kita yang lazim kita lakukan yaitu membaca manakibnya Sulthonul Auliya’ asy Syekh Abdul Qodir al Jilani r.a. Seperti di al Qur’an itu ada beberapa manakib, diantaranya manakibnya Lukman al Hakim, Ashabul Kahfi, Mariyam dan lain-lain.
Kita membaca manakibnya Sulthonul Auliya’ Syekh Abdul Qodir al Jilani r.a. karena beliau adalah tokoh sentral guru-guru mursyid kita yang kita jadikan pertalian ruhaniah(robitho) dari mulai guru mursyid kita yang sekarang sampai dengan kepada Rasulullah s.a.w.
Adapun tujuan membaca manakib itu ada tiga:
Satu membaca sejarah, dua Tawasulan dan tiga Robitho
1. Membaca sejarah. Dengan membaca sejarah hidup tokoh panutan kita itu supaya kita dapat mewarisi segala yang ada dalam diri tokoh tersebut, baik ilmu, amal, pengabdian dan akhlak yang mulia. Hal tersebut bisa menguatkan hati kita untuk mengikuti Beliau dalam melaksanakan pengabdian hidup kepada Allah SWT. Sebagaimana Allah telah menyatakannya kepada Baginda Nabi s.a.w: “Dan semua kisah dari rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman” (QS.Hud/120).
Ayat ini menegaskan adanya manakib tersebut, yakni dengan membaca sejarah hidup para Nabi terdahulu, tujuannya supaya hati Baginda Nabi s.a.w. menjadi kuat dalam melaksanakan tugas risalah. Jika untuk menguatkan jiwa perjuangan baginda Nabi saja Allah menyediakan manakib para Nabi dan para Rasul terdahulu, apalagi kita. Jadi tujuan membaca manakib itu untuk menguatkan jiwa perjuangan kita di di jalan Allah sebagaimana kekuatan yang telah diberikan Allah kepada guru-guru yang kita manakibi, hal tersebut mengikuti perintah Allah yang ada dalam al Qur’an al Karim. Jadi jika ada orang mengatakan manakiban itu syirik dan bid’ad, itu semata-mata karena mereka itu tidak memahami ilmunya saja. Seandainya mereka memahami bahkan mengetahui rahasianya, mereka itu pasti jatuh cinta kepada manakiban seperti kita.
2. Tawasulan. Pada intinya, dengan kita berwasilah kepada Sulthonul Auliya’ asy Syekh Abdul Qodir al Jilani r.a, kita berharap do’a-do’a kita lebih mendapatkan ijabah dari Allah SWT, karena beliau adalah Waliyullah. Lebih detailnya kaitan tawasul ini anda bisa membaca buku Tawasul(mencari Allah dan Rasul lewat jalan guru). Karya Muhammad Luthfi Ghozali.
3. Robitho. Oleh karena robitho ini merupakan amaliyah batin dan khusus yang dilakukan oleh para ahli thoriqoh, maka kurang pas jika kita bahas di forum yang sifatnya umum seperti ini. Kaitan robitho ini sebaiknya kita bicarakan secara khusus pula.

Jika kita bertanya, mengapa dalam pembacaan manakib Sulthonul Auliya’ asy Syekh Abdul Qodir al Jilani r.a selalu ada ayam panggang(engkung) yang dihidangkan kepada orang-orang yang manakiban, sehingga seakan-akan menjadi syarat mutlak bagi penyelenggaraan manakib. Menurut saya, hal tersebut tidak ada kaitannya dengan manakiban. Hanya saja, oleh karena di dalam isi manakib yang dibaca itu ada cerita tentang ayam yang mati bisa hidup lagi(baca Lujjaini Dani), maka barangkali untuk membangun sugesti saja, dengan itba’(mengikuti) jalan cerita tersebut menjadikan hati kita semakin yakin kepada Allah untuk mendapatkan ijabah dari-Nya. Namun demikian, saat manakiban itu saya lebih seneng ada engkungnya daripada tidak, he he soale enuaaak

Tentang pertanyaan yang ini: Trus saya sempat baca buku manakip yang saya tau isinya tentang cerita2nya Syech Abdul kodir Jaelani. kenapa kok yg dibaca kisah2nya beliau bukan yang lainnya.. ? Memang sering terlontar pertanyaan sejenis itu, mengapa yang dimanakibi kok Syekh Abdul Qodir al Jilani r.a, bukan para sahabat Nabi yang terdekat, seperti sayidina Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali rodhiallohu anhum. Lebih mulia mana para Sahabat tersebut dengan Syekh Abdul Qodir al Jilani r.a?.
Untuk manakiban ini tidak terkait dengan kemuliaan seseorang, tetapi pertalian ruhani antara seorang murid dengan guru mursyidnya. Guru mursyid itu pun yang kita tokoh sentralkan diantara guru-guru mursyid kita yang lain, itupun kita hanya mengikuti yang sudah dilakukan dan diajarkan oleh para guru mursyid kita. Secara hakekat, hal ini juga ada kaitan ilmu thoriqoh khusus yang tentunya juga tidak pas jika dibahas dalam forum umum. Banyak hal yang memang rahasia dan harus dijaga dalam kerahasiaan, karena hal tersebut menyangkut keadaan ruhani seorang hamba Alloh yang dirahasiakan oleh Allah Ta’ala, maka hendaknya kita berbicara hal yang rahasia itu hanya kepada orang-orang yang siap menerima dengan hati selamat. Jika tidak demikian, meski yang kita bicarakan tersebut merupakan hal yang positif, akan mengakibatkan negatif. Hanya Allah yang Maha Mengetahui. (malfiali)
https://alkhidmahpdpy.blogspot.com/

Nihaya mengatakan...

Makasih buat teman2 yang sudah dengan susah2 menulis dan mau share pengetahuannya tentang ini, jujur, sebelumnya aku tidak tahu sama sekali.
Alhamdulillah..
sekali lagi terimaksih, semoga bermanfaat..aamiin.