Senin, 30 Januari 2012

Medicament : Al Hikam (volume random)

Nikhmah, nikmat, ujian yang menyenangkan. Baliyah, ujian yang menyengsarakan. Nikhmah dan baliyah hanya ada di dunia. As-sakinah, ruhani yang hidupnya waras, ayem, tentrem. Ambeng adalah makanan jasmani. Ngaji, sholat, dzikir adalah makanan ruhani.

Diberi cobaan sakit (dan segala macam ujian baliyah) kalo dipandang dari segi hakikat itu adalah kenikmatan yang sangat besar. Karena imbasnya adalah zuhud terhadap dunia, dosa dikurangi, pahala ditambah, derajat dinaikkan. Paling-paling sampai ke alam kubur. Iman kuat khusnul khotimah, selesailah urusannya di dunia.

“Syarrun laa yaddun khairun min khairun laa yaddun.”
Barang jelek tidak langgeng lebih bagus daripada barang bagus yang tidak langgeng. Mantan perampok jadi kyai lebih baik daripada mantan kyai jadi perampok.

Tuhan sengaja menjadikan dunia sebagai sumber kerusuhan dan cobaan supaya makhluk beradab di dalamnya jenuh. Tuhan sengaja begitu karena kasih sayangnya kepada makhluknya. Agar mereka jenuh hidup di dunia, tidak cinta pada dunia. Supaya manusia selamatlah.. Umar bin Khattab bahkan pernah berdoa kepada Allah minta diberi Baliyah saja karena lebih menguatkan daripada nikhmah yang menjerumuskan.

Dunia itu qattalatun, pembunuh. Segala masalah sebabnya karena dunia. Dunia selalu mempermainkan, dan pasti hanya meninggalkan cerita. Syair :
  • Banget-banget susahe, nek wis ilang akhire mung seneng. Banget-banget senenge nek kadung ilang akhire susah. Pilih endi..

  • "..dan duniaku berputar, ia tak bisa berhenti tetap"
Sesuatu yg panas, ditambahi panas nanti jd dingin. Panas ditambahi dingin jd makin panas. Krn panasnya tdk jenuh.

  • "..Dunia ini bagaikan impian orang tidur. Kesenangannya seperti awan.."
Surga diliputi apa2 yang tdk disukai nafsu..

  • Surat dari Sayyidina Ali kepada Salman aL Farisi : "Sesungguhnya dunia bagaikan ular, licin dipegang dan membunuh racunnya. Krn itu, berpalinglah daripadanya.. berpaling dr apa yg mengagumkan. Dunia itu banyak, melimpah, tp bekal utk keabadian hanya sangat sedikiiit." 

Utama-utamanya amal ada 3 : Thalabul 'Ilmi, Thalabul Halal (apa yang dilakukan halal dengan barang-barang yang halal), dan Al Jihadu Fi Sabilillah.

---------------------Ngaji Al Hikam dr Ibnu Atha'illah, yang dipaparkan oleh Kyai Djamaluddin Ahmad dari Jatim.

Janganlah kalian menyebarkan ilmumu agar manusia membenarkanmu, tetapi sebarkanlah ilmumu agar Allah membenarkanmu. seperti kata @KangPacul

Tidak ada komentar: